Thursday, June 23, 2016

Inna Ma-'Al-'Usri Yusro


Awalnya saya pikir, tidak ada satu halpun yang sia-sia di muka bumi ini, tapi ternyata tidak dengan mengeluh. Dengan mengeluh apa yang bisa kita dapatkan? Merasa enakan? Saya pikir tidak, beban terasa lebih menumpuk dan kasihannya, mengeluh akan memberikan beban tambahan kepada orang yang mendengarkan keluhan kita.

Masalah adalah sebuah bagian dari paket kehidupan manusia, bahkan saya pikir jika ada manusia yang memilih tinggal sendirian dalam sebuah hutan guna menghindari masalah, maka ia tak akan bisa lepas dari masalah, mungkin masalah yang sedang ia hindari memang terhindar, namun pada akhirnya masalah baru yang akan muncul.

Allah, Sang Pencipta kita, Yang Maha Mengetahui mengenai kehidupan kita bahkan mengulang dua kali ayat "Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan". Bukankah itu berarti Allah sedang menegaskan kepada kita untuk yakin dengan janji-Nya dan tak perlu merasa khawatir?

Janji Allah itu PASTI dan NYATA

Mungkin penglihatan kita saat ini hanya terhalangi kabut tebal, padahal kemudahan itu sedang menanti kita di depan sana. Mungkin kedua kaki kita enggan melangkah karena mengikuti rasa malas, padahal kemudahan yang dijanjikan itu tinggal beberapa langkah saja di depan kita.
Sembari menanti kemudahan yang pasti itu terlihat, mari berikhtiar dan bertawakal dengan sungguh-sungguh. Mungkin juga kemudahan itu belum terlihat karena kita belum berusaha dan berserah diri dengan benar.
Maaf terlalu banyak kata mungkin, saya hanya mencoba berbaik sangka karena “Sesungguhnya Allah berkata, Aku sesuai dengan prasangka hamba-Ku terhadap Aku dan Aku bersamanya ketika ia berdoa kepada-Ku.” (HR. Muslim).


"Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan”



#MemotivasiDiriSendiri


Maros, 18 Ramadhan 1437 H

0 comments:

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com